Hasil Edukasi dan Pemanfaatan Lahan Berbuah, Bahagia Dirasakan Masyarakat Kampung Kalilapar

Bagikan berita ini

Keerom,Honaipapua.com, -Sebagai wujud bakti TNI melalui satgas Yonif 122/TS Kipur-C Pos Kalilapar melaksanakan panen bersama masyarakat, dalam memenuhi ketersediaan bahan makanan pokok masyarakat Papua, satgas Yonif 122/TS selalu melakukan pendekatan kepada masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong untuk diolah dan ditanami tanaman pangan sebagai persediaan bahan makanan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh personil pos Kalilapar yang selalu aktif mengajak dan membimbing masyarakat untuk bercocok tanam dan memanfaatkan lahan yang cukup luas menjadi lumbung persediaan bahan makanan di kampung Kalilapar, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua, Kamis (07/12/2023).

Danpos Kalilapar Satgas Yonif 122/TS Lettu Inf Hadi Suroto dalam keterangannya menyampaikan, pada saat satgas Yonif 122/TS datang di wilayah ini dan melihat lahan yang cukup luas namum belum dimanfaatkan maksimal, timbul inisiatif untuk mengajak masyarakat untuk menanami lahan kosong tersebut dengan berbagai jenis tanaman bahan makanan pokok masyarakat setempat, ini adalah salah satu upaya satgas Yonif 122/TS dalam menyiapkan lumbung pangan masyarakat Papua.

Dalam hal ini, Lettu Inf Hadi Suroto merupakan inisiator bagi masyarakat dalam menggerakkan pertanian tersebut, dimana ia berikut anggotanya merintis dari awal agar masyarakat dapat mengenal cara bertani secara tradisional modern dan satgas juga aktif mengajak serta membantu warga yang membuka lahan untuk berkebun dan menanam tanaman pangan sebagai sumber makanan pokok warga.

Seperti penekanan Dansatgas Mayor Inf Diki Apriyadi, S, Hub.Int, tugas pokok Satgas Yonif 122/Tombak Sakti menjaga keutuhan wilayah perbatasan darat RI-PNG, juga mempunyai tugas tambahan yaitu seluruh prajurit melaksanakan kegiatan teritorial yang bersifat membangun, melayani, dan mengayomi masyarakat yang membutuhkan bantuan di tiap-tiap pos masing-masing.

Lanjut Danpos mengatakan, masyarakat menyambut baik ide dan gagasan Satgas Yonif 122/TS, dimana mereka tergerak untuk membuka dan menanami tanaman pangan guna mewujudkan ketahanan pangan di wilayahnyAda pun hasil panen yang di hasilkan sepertiterong,cabe,dan sayur-sayuran lainnya.

Sementara itu Bapak Adat Faulus Maunda selaku kepala Kampung Kalilapar mengucapkan terimakasih kepada Satgas atas kepeduliannya mengajak dan membimbing masyarakat kampung Kalilapar untuk bercocok tanam memanfaatkan lahan-lahan kosong guna menyiapkan ketersediaan bahan makanan pokok untuk warga.

“Sa sebagai ketua adat mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari Pos Kalilapar dan kepedulian terhadap masyarakat yang telah peduli mengajak, membimbing dan membantu kami dari mulai membuka lahan, menyemai sampai dengan panen seperti ini,” ungkap Faulus Maunda. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Ke atas