Rakibu Mambrasar, S.STP : Pelatihan Pemandu Selam Disnakertrans Diikuti Oleh 20 Orang Peserta

Waisai, Honaipapua.com, -Kegiatan Pelatihan pemandu selam yang dilaksanakan oleh Bidang Pelatihan dan Produktifitas tenaga kerja. Dinas tenaga kerja dan transmigrasi Kabupaten Raja Ampat di kampung Wisata Arborek di ikuti oleh 20 orang peserta.

Kepala Bidang Pelatihan dan Produktifitas tenaga kerja, Rakibu Mambrasar, S.STP saat membacakan Sambutan singkat

Ketua panitia dan juga Kepala Bidang Pelatihan dan Produktifitas tenaga kerja, Rakibu Mambrasar, S.STP mengatakan pelatihan ini dilaksanakan untuk melatih para pencari kerja agar dapat membekali dirinya berupa keahlian pemandu selam untuk dapat mengembangkan bakat yang dimilikinya.

Selain itu juga, untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan ketrampilan kerja,  terutama usia produktif, oleh sebab itu, dinas tenaga kerja dan transmigrasi kabupaten Raja Ampat membuat program pelatihan pemandu selam (Dive Guide),sebagai bentuk pelatihan  kepada masyarakat.

Mengingat pentingnya hal tersebut bidang pelatihan dan produktifitas tenaga kerja tahun anggaran 2023 melaksanan kegiatan ini.

Untuk sasaranya kami terfokus pada pemuda-pemuda yang mempunyai potensi dibidang pemandu selam untuk di didik dan dilatih menjadi tenaga kerja yang siap dipakai.

Kegiatan yang dilakukan selama 3 hari mulai dari tanggal 25-28 Mei 2023 dan dikuti oleh 20 orang peserta, sedangkan Instrukturnya kami pakai dua orang ditambah dengan 3 orang asisten instruktur. Ujar Rakibu

Dengan mengikuti kegiatan ini, maka mereka akan mendapatkan sertifikasi yang nantinya digunakan dalam lapangan pekerjaan yang mereka geluti.

” Sertifikasi yang mereka dapatkan akan digunakan untuk bekerja, sebagai Guide di home stay maupun kapal-kapal pesiar, karena kabupaten Raja Ampat merupakan daerah wisata kelas dunia, oleh sebab itu sumber daya manusianya harus kita tingkatkan,” terangnya.

Dijelaskan kegiatan pelatihan pemandu wisata selam ini, masuk dalam kategori pelatihan rescue

” Jadi, dalam dunia selam dikenal ada beberapa kategori, antara lain Open Wather, Advan, Rescue dan Dive Master. Nah yang kami akan lakukan ini adalah resque

Oleh sebab itu, besar harapan kami setelah para peserta mengikuti kegiatan ini, mereka bisa menjadi dive Guide yang handal, dan bisa terjun langsung ke lapangan untuk memandu para wisatawan yang hendak Diving.

Karena setelah mereka mengikuti kegiatan ini, nantinya mereka akan dibekali dengan lisensi. Lisensi tersebut yang nantinya mereka gunakan dilapangan, “Tambah Rakibu. (caken)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ke atas