Bidang Pelatihan dan Produktifitas Tenaga Kerja Disnakertrans R4 Siap Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Selam di Arborek

Bagikan berita ini

Waisai, Honaipapua.com, -Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Raja Ampat melalui bidang pelatihan dan produktifitas tenaga kerja, Kamis 25 Mei 2023 akan menggelar kegiatan pelatihan pemandu wisata selam di Kampung Wisata Arborek.

Rakibu Mambrasar, S.STP. Kepala Bidang Pelatihan Dan Produktifitas Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Raja Ampat.

Rakibu Mambrasar, S.STP kepala bidang Pelatihan dan produktifitas tenaga kerja, kepada media ini mengatakan kegiatan yang dilakukan besok dalam rangka untuk mengembangkan produktifitas pemandu wisata dan memberikan sertifikasi kepada anak-anak yang bergerak di bidang pemandu wisata  terutama Selam.
ujar Rakibu

Dengan mengikuti kegiatan ini, maka mereka akan mendapatkan sertifikasi yang nantinya digunakan dalam lapangan pekerjaan yang mereka geluti.

” Sertifikasi yang mereka dapatkan akan digunakan untuk bekerja, sebagai Guide di home stay maupun kapal-kapal pesiar, karena kabupaten Raja Ampat merupakan daerah wisata kelas dunia, oleh sebab itu sumber daya manusianya harus kita tingkatkan” terangnya

Dijelaskan kegiatan pelatihan pemandu wisata selam ini, masuk dalam kategori pelatihan rescue

” Jadi dalam dunia selam dikenal ada beberapa kategori, antara lain Open Wather, Advan, Rescue dan Dive Master. Nah yang kami akan lakukan ini adalah Rescue” Ujarnya

Ditanya mengenai jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini. Kabid dengan tegas mengatakan bahwa untuk kegiatan pelatihan pemandu wisata selam dikuti oleh 20 orang penggiat pariwisata perwakilan dari beberapa pulau, antara lain Misool, Waigeo Utara, Salawati dan Meosmanswar. Dengan Waktu kegiatannya dari tanggal 25-28 Mei 2023.

Mengenai lokasi yang kami ambil untuk menggelar kegiatan ini adalah,  Di Kampung Wisata Arborek, karena menurut kami, kampung Wisata Arborek merupakan lokasi yang tepat dan  merupakan salah satu spot wisata terbaik di Raja Ampat.

Dan juga lanjut Rakibu bahwa dengan diadakannya pelatihan di Arborek maka kita bisa mengukur kapasitas para peserta yang akan mengikuti kegiatan ini, karena disana arusnya bagus, karangnya bagus, dan juga kedalamannya bagus, sehingga para peserta bisa langsung mempraktekannya disitu. Tandasnya sembari menambahkan kegiatan ini merupakan bagian dari program pemerintah untuk membuka lapangan pekerjaan melalui Dinas tenaga kerja dan transmigrasi Kabupaten Raja Ampat. Tutup Rakibu. (Caken)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Ke atas