Oktasari Sabil : Elisa Kambu dan Ahmad Nausrau Datang Daftar Ke KPU sebagai Calon Gubernur dan Wagub PBD Optimis Menang 1 Putaran

Bagikan berita ini

SORONG,Honaipapua.com, -Diantar ratusan pendukung dan istri tercinta serta turut hadir mengantar pasangan yang dikenal nama ESA, yakni, Anggota DPR RI Dapil Papua, Yan Mandena seta Ketua Partai PAN dan Ketua Partai Gerindra ikut mengawal Pasangan bakal calon (Bacalon) Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat Daya, Elisa Kambu dan H. Ahmad Nausrau mendaftar di Kantor KPU Provinsi Papua Barat Daya, Rabu (28/8/2024) sekitar pukul 16.30 Wit.

Ketua KPU Papua Barat Daya, Andarias Daniel Kambu saat memberi sambutan menyampaikan dokumen yang diterima terdiri atas tiga dokumen.

Ketiga dokumen tersebut, yakni dokumen pertama, pencalonan, yang mana harus memenuhi presentase syarat minimal dukungan 10 persen dari Parpol atau gabungan koalisi parpol pengusung. Dokumen yang kedua adalah syarat calon. Syarat calon ini nanti akan dilakukan penelitian oleh tim yang telah dibentuk oleh KPU Papua Barat Daya, dan dokumen ketiga yakni, dokumen status keaslian sebagai Orang Asli Papua.

“Setelah memeriksa dokumen, nanti bila masih ada kekurangan berkas, KPU akan memberi waktu sampai besok untuk melengkapi berkas yang kurang, ” kata Andarias Kambu.

Selanjutnya KPU Papua Barat Daya menerima dokumen dari bacalon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat Daya kemudian melakukan pemeriksaan berkas dokumen pencalonan.

Setelah diperiksa dokumen hanya dua partai dinyatakan lengkap, hanya partai PKB yang belum ditandatangani oleh ketua DPW partai dan sekertaris sehingga perlu dilakukan Video Call, setelah berbicara langsung oleh komisioner KPU PBD Gandi Siradjuddin dengan ketua DPW partai PKB Abdul Gazam yang menyampaikan berkas yang dirinya belum tandatangani itu benar adanya dikarenakan hari ini baru selesai agenda PKB secara nasional, sehingga sebentar malam dirinya akan berangkat dari Jakarta kembali ke Sorong untuk mendatangani berkas tersebut. ” Yang jelas rekomendasi partai PKB tetap diberikan kepada Elisa Kambu, tidak berubah, “kata Gazam diujung telepon Video Call bersama Gandi Siradjuddin disaksikan oleh semua pihak yang hadir.

Elisa Kambu dalam sambutan singkat menuturkan Ahmad Nausrau siap mengikuti mekanisme yang diatur oleh KPU Provinsi Papua Barat Daya.

“Saya dan Ahmad Nausrau berjanji akan mengikuti proses yang diatur oleh KPU Papua Barat Daya dalam pendaftaran Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Provinsi Papua Barat Daya, ” tutur Elisa Kambu.

Dikatakan Elisa Kambu bahwa dirinya bersama dengan Ahmad Nausrau dan partai politik pengusung siap berkompetisi dan bersaing untuk mendapat kepercayaan dari masyarakat Provinsi Papua Barat Daya dengan cara-cara yang bermartabat.

“Kami berdua siap berkomitmen dan berkompetisi dengan calon yang lain dengan cara-cara yang bermartabat, menghargai orang lain dan menawarkan gagasan bukan menawarkan fitnah dan menebar kebencian, ” kata Elisa Kambu.

Ketua DPW Partai Gerindra Papua Barat Daya, Oktasari Sabil, mewakili koalisi partai pengusung menuturkan Elisa Kambu dan Ahmad Nausrau menjadi bacalon gubernur dan wakil gubernur Papua Barat Daya yang pertama mendaftar dan optimis menang dalam satu putaran.

“Memang kami agak sedikit tantangan, sebab Pilkada 2024 ini menjadi Pilkada yang pertama di Provinsi Papua Barat Daya, ” singkat Oktasari Sabil.

Sementara ketua DPW partai PAN provinsi Papua Barat Daya, Syarifudin Sabonama,  menambahkan, koalisi partai pengusung hadir disini untuk mendaftarkan calon gubernur dan wakil gubernur Papua Barat Daya yang diusung oleh Partai Gerindra, PKB dan PAN yakni, saudara Elisa Kambu dan Ahmad Nausrau untuk mengikuti tahapan proses hingga Pilkada Papua Barat Daya pada tanggal 27 November 2024.

” Elisa Kambu dan Ahmad Nausrau telah bersedia menghibahkan diri untuk melayani dan membangun masyarakat di Provinsi Papua Barat Daya, ” tutup Sabonnama.

Dari pantauan media ini, setelah keterangan Pers Bapaslon bersama tim pendukungnya bubar dengan tertib menuju kendaraan masing-masing meninggalkan gedung kantor KPU Papua Barat Daya yang dijaga ketat oleh ratusan aparat kepolisian dibawah pimpinan L.O Kapolda Papua Barat Daya Kombes Pol Budi Utomo.S.I.k. (pic)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Ke atas